Wednesday 12 November 2014

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android - Selamat siang sahabat setia Warkop Android, kali ini admin akan membagikan cara mengatasi insufficient storage available saat download aplikasi android. Berawal dari singkat cerita ya, ini kasus agak sedikit rumit tapi setelah saya coba otak-atik akhirnya berhasil jugaa. Kasus semacam ini terjadi beberapa minggu lalu ketika seorang teman kuliah ada yang bertanya pada saya soal error pada saat dia sedang melakukan update aplikasi melalui Google PlayStore. Pesan dari error yang dialami tersebut adalah "Insufficient Storage Available" yang artinya kurang lebih adalah "ketersediaan penyimpanan (memori) tidak cukup. Padahal menurut teman saya tersebut, kapasitas memory pada perangkat yang dimilikinya (baik internal maupun eksternal) masih terbilang sangat aman karena masih banyak ruang kosong yang tersedia.

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android

Langkah - langkah yang akan admin bagikan disini tidak memerlukan ijin atau akses root, karena dari yang mimin telusuri ternyata banyak yang membahas soal ini namun hampir semuanya mengharuskan perangkatnya untuk di root terlebih dahulu. Oke, kita langsung saja menyiapkan bahan apa saja yang harus dimiliki dan segera menuju TKP untuk eksekusi:

Komputer / laptop dan kabel USB untuk menghubungkan perangkat dengan komputer
Koneksi internet pada komputer dan kuota yang cukup untuk download dan install Android SDK pada komputer yang bisa disedot di situs resmi Android

Langkah - langkah :

1. Buka folder tempat kamu menyimpan Android SDK di komputer mu, jalankan SDK Manager, lalu install Android SDK Platform-tools (centang dan install hingga terdapat keterangan Installed seperti pada gambar dibawah) 

Cara Mengatasi Insuffivienr Storage Available

2. Ambil perangkat smartphone atau tabletmu, aktifkan atau centang opsi USB debugging. Caranya masuk ke menu setting -> Developer options -> centang USB debugging. Tapi jika kamu menggunakan Android versi 4.2 (Jelly Bean) keatas, silahkan masuk ke setting -> About phone / about tablet, lalu sentuh menu Build Number beberapa kali (biasanya 7 kali) barulah kamu bisa mengaktifkan pilihan USB debugging dengan cara yang mimin sebut sebelumnya. 

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android

3. Sekarang ambil gadget mu, dan sambungkan ke komputer melalui kabel USB

4. Perhatikan komputermu. Klik start menu (biasanya di pojok kiri bawah) cari All Programs -> Accessories lalu cari menu Command Prompt. Klik kanan, dan pilih Run as administrator.

Run as Administrator

5. Lalu menu Command Prompt pun akan muncul. Nah ada satu hal yang PERLU KAMU PERHATIKAN!jika kamu menyimpan Android SDK pada drive C: di komputer mu, maka silahkan lanjut ke langkah nomor 6. Tapi jika kamu menyimpannya selain di drive C: (misal drive D: , E: atau yang lain), silahkan ketikkan nama drive tempat kamu menyimpannya agar Command Prompt dapat menerima perintah selanjutnya dengan baik. Pada contoh ini, teman mimin menyimpannya pada drive D: , maka terlebih dahulu ia harus mengetikkan "D:" lalu tekan enter seperti pada gambar dibawah ini. 

Pilihan Command

6. Pada Command Prompt, masuklah ke direktori tempat penyimpanan Android Platform Tools. 

Caranya adalah dengan memasukkan perintah berikut pada Command Prompt :
cd (spasi) [lokasi tempat penyimpanan android platform tools]. Akhiri dengan tanda "\"

Nah untuk menemukan lokasi tempat penyimpanan android platform tools, masuk dan temukanlah folder dimana kamu menyimpan Android SDK pada komputer milikmu. Jika kurang jelas, perhatikan gambar dibawah ini. Jika sudah memasukkan perintah, tekan tombol enter.

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android

7. Setelah itu silahkan cek konektivitas antara gadget milikmu dengan komputer. Ketikkan perintah"adb devices" lalu tekan enter pada Command Prompt. Maka setelahnya akan muncul daftar perangkat yang terhubung dengan komputermu.
8. Masih pada Command Prompt, ketikkan perintah "adb shell pm set-install-location 2". Perintah ini adalah untuk mengubah tempat penyimpanan aplikasi ke media eksternal (SD card). Untuk mengecek apakah perintah tadi berhasil dimasukkan atau tidak, ketikkan perintah "adb shell pm get-install-location". Perhatikan gambar dibawah ini (tulisan yang digaris bawahi). Jika muncul keterangan "2 [exsternal]" maka perintahmu berhasil dimasukkan dan silahkan lanjut ke langkah nomor 9.

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Saat Download Aplikasi Android


Tapi jika Command Prompt tidak menunjukkan keterangan "2 [Eksternal]" seperti yang digaris bawahi pada gambar diatas, maka kamu harus mengulangi perintah "adb shell pm set-install-location 2", kemudian cek kembali dengan perintah yang sudah disebut diatas.
9. Jika langkah diatas sudah selesai, maka sekarang kamu bisa mencoba kembali untuk mengupdate atau mendownload aplikasi di Google PlayStore. Matikan opsi USB Debugging pada gadget mu, tutup Command Prompt dan cabut gadget mu dari komputer. Mimin menganjurkan untuk merestart (mematikan dan menyalakan kembali) gadgetmu sebelum mulai mencoba download di Google PlayStore.

Nah itulah cara memperbaiki error Insufficient Storage Available pada saat download atau update aplikasi di Google PlayStore. Agak panjang memang, namun tidak terlalu sulit bukan? tapi jika anda menyimak dengan seksama insyallah bakal berhasil.

0 komentar

Post a Comment