Wednesday 10 September 2014

Cara Pasang CWM Mito A300 Dengan Benar Dan Mudah

Selamat sore teman-teman sekalian yang senantiasa menunggu update-update artikel terbaru di Warkop Android, semoga anda senantiasa diberi kesehatan dan rahmat serta hidayah dari Allah SWT, aamiin. Kali ini warkopandroid akan paparkan cara pasang CWM Mito A300 dengan benar, Belum tau caranya dan gak tau cara root cama pasang CWM nya, disinilah tempatnya. untuk cara pasang cwm Mito A300 ini cukup mudah, akan tetapi syarat utamanya yaitu HP anda harus sudah di root. Jika sudah, kalian download dulu bahan bahannya disini

Sebelum melangkah ke fase pemasangan CWM alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui apa itu CWM dan apa kegunaannya. disini saya akan sedikit menjelaskan tentang CWM dan semoga bermanfaat, silahkan disimak. hehe

Jika perangkat Android yang anda gunakan sudah di root, belum lengkap rasanya jika anda belum menginstall CWM pada perangkat yang sama. Karena bisa dibilang ini adalah salah satu hal yang wajib dilakukan setelah melakukan root pada perangkat Android. Jika boleh dianalogikan, Android sudah di root tapi belum menginstall CWM = Gorengan tanpa sambal / cabe = kurang greget. Wah jadi laper nih.

Apa fungsi CWM pada sehingga membuatnya demikian diperlukan pada perangkat Android? Hemm, ya itulah pertanyaan yang sempat hadir di benak saya ketika baru mengenal istilah ini. Untuk itu, pada posting kali ini Warkop Android akan sedikit membahas tentang penjelasan ClockWorkMod secara singkat. Aplikasi ini bisa dibilang adalah modding atau modifikasi dari recovery mode pada perangkat dengan sistem operasi Android. Biasanya, para pengguna yang suka mengutak atik perangkatnya menggunakan mode recovery ini untuk menginstall atau meng-custom beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, misalnya menginstall dan mengganti jenis font pada perangkatnya, menambahkan fitur quick panel (panel pengaturan praktis) pada status bar, menginstall script -script tertentu, mengubah icon - icon dan masih banyak lagi.

Peran CWM menjadi sangat penting dalam urusan installasi custom ROM (cusrom). Karena untuk dapat menginstall ROM yang telah dimodifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recoverysebagai "alat" untuk menginstall. Itu artinya, tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya.

Cara menginstall CWM sendiri bisa berbeda - beda tiap merek / tipe perangkat yang digunakan, namun yang pasti syarat utama yang dibutuhkan untuk dapat memasangnya adalah perangkat harus sudah di root. Selain untuk menginstallasi beberapa hal yang saya sebutkan diatas, CWM juga bisa berperan sebagai mode recovery layaknya mode recovery bawaan perangkat, yakni bisa digunakan untuk membackup data pada perangkat kita, serta me-restore (mengembalikan) nya jika suatu ketika kita membutuhkannya, serta mengembalikan perangkat ke pengaturan awal (factory reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik).

Nah itulah pengertian CWM pada Android yang sudah saya tulis "versi orang awam". Kenapa saya sebut sebagai versi orang awam? Karena pengertian sesungguhnya memiliki penjelasan yang jauh lebih kompleks dan lebih rumit dari yang saya tulis diatas, sehingga kemungkinan orang awam seperti saya tidak akan mengerti penjelasannya.

Berikut langkah-langkah untuk cara pasang CWM Mito A300 :

  • Di ekstrak dulu file nya, terus install mobileuncle tool.apk nya 
  • Pindahkan file recovery.img ke SD card
  • Jalankan aplikasi mobile uncle tool nya lalu pilih flash recovery from SD card 
  • Lalu pilih recovery.img yang telah dipindahkan tadi ke sd card, tekan ok lalu reboot 
  • Selamat CWM anda telah terpasang
CWM Mito 

Mungkin cukup sekian dulu posting tentang cara pasang CWM Mito A300 nya. Semoga bermanfaat dan semoga menambah sedikit ilmu untuk kalian yang belum tau, jangan lupa tinggalkan komentar agar saya tetap semangat dalam update dan memposting artikel Warkop Android ini.

Untuk yang mau root Mito A100 silahkan baca tutorialnya disini guna mempermudah anda untuk belajar proses rooting, semangat ya sahabat. jangan mudah putus asa, jika kebingungan silahkan tanyakan di kolom komentar dan saya selaku admin insyallah bakal membantu kesulitan sahabat setia Warkop Android. Terimakasih.

0 komentar

Post a Comment